Koordinator adalah jabatan yang biasanya ada dalam sebuah organisasi, kelompok, maupun pekerjaan yang bersifat tim dan memiliki banyak anggota. Peran seorang koordinator sangat penting karena merupakan kunci bagaimana sebuah pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Lebih lanjut tentang apa itu koordinator dan apa saja tugasnya dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.
Daftar Isi
Apa Itu Koordinator – Pengertian dan Penjelasan
Berdasarkan KBBI pengertian koordinator adalah orang yang melakukan koordinasi, yang mengoordinasi. Sedangkan koordinasi sendiri memiliki arti yaitu perihal mengatur suatu organisasi atau kegiatan sehingga peraturan serta tindakan yang akan dilaksanakan tidak saling bertentangan maupun simpang siur.
Berdasarkan penjelasan di atas maka secara umum koordinator adalah orang yang mengatur berbagai aspek agar tindakan atau pekerjaan yang akan dilakukan yang umumnya bersifat tim atau kelompok dapat berjalan lancar dan tidak saling bertentangan.
Keberadaan koordinator sangat krusial karena dapat memberi arahan serta mengatur apa saja yang jangan dan harus dilakukan oleh setiap anggota yang terlibat sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan. Tanpa adanya koordinator maka pekerjaan akan berjalan lebih lambat dan sulit, serta setiap anggota akan kebingungan tentang apa saja yang harus dilakukan karena tidak adanya arahan.
Baca juga: Pengertian Representative
Apa Itu Koordinator Lapangan?
Adalah seorang koordinator yang bertugas melakukan pengawasan serta arahan pada pelaksanaan program kerja di lapangan. Koordinator lapangan akan memastikan bahwa semua hal yang ada pada daftar perencanaan dapat berjalan dengan baik di lapangan. Selain itu koordinator lapangan juga akan memastikan bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan telah sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan sebelumnya.
Tugas Koordinator
Berikut ini adalah beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang koordinator:
- Melakukan koordinasi, mengawas, dan memberikan arahan kepada anggota atau tim lain yang terkait.
- Mencari tahu dan menyusun target kerja yang ingin dicapai.
- Memberikan bimbingan kepada anggota, bawahan, atau tim lain.
- Melakukan evaluasi terhadap hasil kerja yang telah dilakukan.
- Memastikan bahwa setiap anggota memiliki beban pekerjaan sesuai dengan porsinya masing-masing.
- Melakukan perubahan atau perbaikan terkait hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana.
- Memberikan solusi atau saran pada anggota dalam melakukan pekerjaannya.
- Bertanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan koordinasi dan pekerjaan anggota di bawahnya.
Dengan tugas dan tanggung jawab tersebut tidak heran jika koordinator merupakan jabatan yang krusial karena mereka akan memastikan bahwa semua aspek yang terkait berjalan dengan lancar.
Contoh Koordinator
Pada saat ini cukup banyak jabatan yang berkaitan dengan koordinasi, berikut ini adalah beberapa di antaranya.
1. Kemenko Perekonomian
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian adalah salah satu kementerian yang ada di Indonesia yang berkaitan dengan koordinasi di bidang perekonomian. Kementerian ini membidangi koordinasi serta sinkronisasi dalam rangka penyiapan serta penyusunan kebijakan dan pelaksanaannya di bidang perekonomian.
Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang menteri yang dipilih dan ditentukan langsung oleh presiden. Pada pelaksanaannya bertugas untuk melakukan koordinasi di setiap aspek yang berhubungan dengan perekonomian dan rutin memberikan hasil atau laporan kepada presiden.
2. Koordinator Sekolah
Terdapat beberapa jenis koordinator yang ada di sekolah yang biasanya dijabat oleh guru tertentu. Tugas koordinator sekolah berbeda satu sama lain tergantung koordinator jenis apa yang dijabat oleh guru tersebut. Jam kerja guru yang menjadi koordinator secara umum lebih lama karena harus menyusun program, melakukan perencanaan, evaluasi secara berkala, dan berbagai tugas lainnya yang harus dijalankan.
Sekian pembahasan tentang apa itu koordinator, semoga bermanfaat.