Pengertian Reservasi – Arti dan Definisi

pengertian reservasi

Seringkali kita melakukan reservasi terlebih dulu sebelum makan di restoran, menginap di hotel ataupun membuat janji dengan dokter. Namun tahukah Anda, apa pengertian serta manfaat yang bisa didapatkan apabila melakukan reservasi sebelum melaksanakan kegiatan atau acara.

Pengertian Reservasi

Dikutip dari kbbi pengertian reservasi adalah pengaturan atau pemesanan tiket. Reservasi mencakup banyak hal seperti reservasi pada kamar hotel, restoran, tempat wisata dan lainnya untuk seseorang pada waktu atau tanggal tertentu.

Istilah reservasi memang lebih sering dikaitkan pada hal berbau formal, karena pemesanan tempat pada suatu lokasi, seperti bioskop, restoran atau tempat lainnya membutuhkan prosedur yang formal juga.

Kata Booking juga seringkali kita gunakan, namun sepertinya istilah tersebut lebih santai dan non formal. Untuk terhindar dari penuhnya untuk mendapat layanan atau jasa dari suatu tempat, kita bisa memesan tempat atau reservasi.

Sehingga lokasi yang akan kita tuju sudah menyediakan tempat dan sesampainya disana Anda bisa langsung mendapat layanan atau jasa yang diinginkan.

Baca juga : Pengertian Traveling

Manfaat Melakukan Reservasi

Tidak hanya menguntungkan bagi pihak penyedia layanan, karena mereka memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan segala hal sebelum konsumen datang, pihak konsumen juga mendapat banyak keuntungan, dan tentunya Anda wajib mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapat.

1. Perjalanan sesuai Rencana

Saat menyiapkan liburan atau acara, tentu kita memiliki rencana yang sudah tersusun, sehingga perjalanan atau acara bisa berjalan sesuai dengan keinginan. Jika membutuhkan tempat untuk menyelenggarakan acara, tentu Anda perlu memesan terlebih dahulu.

Karena bisa saja pada tanggal acara akan diadakan, tempat yang dituju sudah dipesan terlebih dulu sehingga Anda tidak bisa menempatinya. Tanpa melakukan reservasi, semuanya rencana menjadi tidak tentu, dan kondisi paling parah adalah Anda harus membatalkan acara tersebut.

Baca juga : Pengertian Konfrontasi

2. Memperkirakan Total Biaya

Salah satu keuntungannya adalah, konsumen bisa memperkirakan berapa total biaya yang harus dikeluarkan saat menggunakan layanan atau jasa. Biasanya konsumen akan diminta membayar DP terlebih dahulu, sebagai bentuk perjanjian antar kedua pihak sebelum menggunakan jasa.

Tentu sebelumnya konsumen juga akan diberitahu berapa rincian biayanya. Sehingga akan lebih mudah untuk menentukan budget yang pas.

3. Menghemat Waktu dan Biaya

Keuntungan lainnya adalah menghemat waktu dan biaya, tanpa melakukan reservasi, maka Anda belum bisa menentukan ingin memesan kamar di hotel apa misalnya. Lalu Anda harus mencari hotel lainnya, jika hotel tujuan utama sudah full book.

Tentu waktu dan biaya akan terbuang sia-sia, karena harus mencari hotel dengan kamar tersedia. Namun jika Anda sudah melakukan reservasi, maka Anda bisa langsung menuju hotel tersebut dan bisa segera beristirahat, tanpa harus menyisihkan waktu dan biaya lagi.

4. Bisa Mempersiapkan Segala Hal Lainnya

Keuntungan lainnya adalah konsumen bisa mempersiapkan segala hal, saat memesan kamar di hotel misalnya, konsumen biasanya akan bertanya mengenai layanan atau fasilitas yang tersedia. Jika di dalam kamar tidak tersedia hair dryer, maka sebelum menginap Anda bisa membawanya.

Namun tanpa melakukan reservasi, maka Anda tidak mengetahui fasilitas dan layanan yang tersedia. Alhasil apabila di dalam kamar tidak menyediakan suatu barang yang Anda perlukan, maka Anda tidak bisa menyiapkannya terlebih dahulu.

Demikian penjelasan tentang apa itu reservasi serta berbagai manfaat yang didapatkan jika kita melakukan reservasi, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment